Menghadapi Dampak Fenomena El Nino di Malaysia


Alhamdulillah... Jumpa lagi dengan pembaca setia Jendela Hati Deasy. Apa kabar sahabat pembaca? Sudah siap menjalani aktivitas hari ini dengan semangat? Eh sudah mandi belum? Sudah berapa kali mandi hari ini?
“Panas betul lah , habis mandi pun macam dah panas lagi.”
“Hish kenapa ya, pagi, petang , malam panas terus”
“Dimana-mana panas ya? Bahkan di dalam line yang full AC pun masih gerah.”
Suara-suara itu adalah sebagian keluhan teman-teman di sekitarku. Ya, cuaca di Malaysia sekarang cukup panas. Kalau biasanya suhu maksimal berkisar antara 28-35 derajat celcius. Namun, pada saat- saat seperti ini suhu maksimal di Malaysia bisa mencapai 35-38 derajat celcius.

Mengapa cuaca tiba-tiba jadi meningkat? Menurut Jabatan Meteorologi Malaysia, Malaysia merupakan salah satu di antara beberapa negara yang mengalami dampak dari fenomena El Nino. Sehingga menyebabkan cuaca panas yang berterusan. Fenomena el nino? Apa pula itu? Kalau kata wikipedia sih, El nino adalah gejala penyimpangan (anomali) pada suhu permukaan Samudra Pasifik di pantai barat Ekuador dan Peru yang lebih tinggi dari pada rata-rata normalnya. Fenomena ini berulang setiap dua hingga tujuh tahun sekali. Walaupun kawasan utama gejala penyimpangan ini berlaku di Samudra Pasifik, tapi dampaknya dapat dirasakan pada skala global.

Apa dampak fenomenan el nino?
Di bidang kesehatan fenomena el nino dapat menyebabkan meningkatnya penyakit demam berdarah dan malaria. Perubahan suhu dan cuaca dapat mempengaruhi populasi dan kelakuan vektor nyamuk. Sekaligus meningkatkan potensi infeksi menularkan dua penyakit yang dibawa oleh nyamuk tersebut.
Disamping itu, asap yang menyebabkan pencemaran udara dapat mengundang penyakit pernafasan seperti asma, radang paru-paru, sakit tenggorokan, sakit mata, batuk dan gejala flu.

Fenomena el nino juga mengakibatkan krisis air bersih. Musim kering akan menyebabkan penyusutan di kawasan sumber air. Untuk menghadapi ini semua rakyat perlu bekerja sama dengan menghemat penggunaan air. Dan tidak menggunakan air untuk aktivitas yang tidak perlu.

Bidang perekonomian juga ikut menanggung dampak dari peristiwa el nino. Ketika cuaca tidak stabil, sektor transportasi termasuk penerbangan akan mengalami kendala. Kedatangan wisatawan baik domestik maupun mancanegara juga akan menglami penurunan. Sedangkan dari segi pertanian, keadaan kemarau ini dapat mengganggu proses produksi beras, buah-buahan, sayur-sayuran, dan hasil laut yang sangat bergantung pada air. Sehingga mengakibatkan harga kebutuhan pokok semakin meningkat.

Lalu, bagaimana cara kita menghadapi cuaca panas akibat fenomena el nino ini?
1. Banyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi.
2. Minum-minuman yang mengandung isotonik untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.
3. Mengurangi konsumsi minuman berkafein.
4. Sering-seringlah mandi, atau gunakan kipas angin untuk menyejukkan tubuh.
5. Memakai pakaian yang ringan, berwarna terang dan longgar.
6. Sebisa mungkin mengurangi aktivitas di luar ruangan.

Okey itulah tips-tips untuk meghadapi cuaca panas di Malaysia. Tetap semangat beraktivitas kawan. Jangan biarkan gangguan cuaca atau faktor eksternal lainnya memusnahkan semangatmu.



image from : vitamin-cerdik.com

                                                        
#OneDayOnePost
#HariKe-30

Komentar

  1. Dsnii juga panas bgt mbk...hrs byk minum air putih

    BalasHapus
  2. Keren tulisannya... el nino.. oh no..

    BalasHapus
  3. kirain el nino tuh nama badai di filipina mb deasy,

    BalasHapus
  4. kirain el nino tuh nama badai di filipina mb deasy,

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Mind map dan Outline (Ide 1)

Masih Rajin Menulis Diary? Kenapa Tidak!

Cincin Untuk Dilla (Bag 6)