Menulis, Memulai, dan Menyelesaikan.


 Perjalanan sejauh apapun selalu dimulai dari langkah pertama. Teman-teman sudah sering mendengar quotes ini kan ? Ya, sudah banyak artikel motivasi yang membahas tentang kekuatan langkah pertama (memulai).

Seindah apapun rencana kegiatan kita, kalau kita tidak punya tekad yang kuat untuk MEMULAI, maka ia hanya akan indah di angan. Termasuk juga kegiatan menulis. Apakah memulai menulis itu mudah ? Mudah bagi sebagian orang , mungkin juga susah bagi sebagian orang yang lain. Saya pribadi termasuk orang yang susah untuk memulai, tapi ketika saya memutuskan untuk memaksa diri memulai menulis, maka ide-ide tak terduga akan otomatis muncul di kepala. Bagai aliran air  sungai Melaka, Lancar saja tangan ini menekan tuts - tuts keyboard. Langkah pertama saja yang susah. Langkah-langkah selanjutnya biasanya terasa ringan tak berbeban.

 Maka, ketika Bang Syaiha memposting tentang pendaftaran anggota #OneDayOnePost (ODOP), tanpa pikir panjang saya langsung mendaftar.  Lima hari sudah saya bergabung di grup ini. Sejak itu WA Saya tidak pernah sepi, dalam sehari bisa sampai ratusan pesan dalam grup WA ODOP. Ada yang share link tulisan , saling berbagi kritik dan saran. Saling berbagi semangat menulis, dan juga obrolan santai lainnya.

Selama ini saya hanya berperan sebagai silent reader dalam grup ini. Bukan karena saya orang yang pendiam. Tapi, karena hati saya mersa minder. Minder dengan kemampuan menulis sebagian besar anggota ODOP yang sudah berkualitas. Bahkan ada yang sudah menghasilkan buku. Aduh, makin merasa kecil lah saya ini ^_^. ( aslinya memang kecil mungil kan orang nya, hehe ^_^). Tapi mulai hari ini saya akan mencoba untuk lebih aktif. Setelah post tulisan, harus rajin-rajin blog Walking ke rumah maya anggota ODOP yang lain, juga aktif meninggalkan jejak komen disana. Hemh, semoga kuota data internet lancar ya ^_^

Ternyata tidak semua orang susah memulai. Ada seorang kawan yang bercerita bahwa ia sudah ada beberapa ide untuk menulis cerpen. Mudah saja ia memulai menulis. Tapi sudah sebulan
cerpen itu tak kunjung jadi. Kenapa ? "Kalau ceritanya sudah begini , Endingnya gimana ya ? Aduh aku jadi bingung sendiri ?". Begitu dia bertanya. Ya, dia adalah jenis orang yang mudah memulai tapi susah menyelesaikan. Maka, ketika kita sudah memulai menulis, harus punya tekad yang kuat untuk tetap fokus pada tulisan. Agar tulisan yang telah kita mulai bisa terselesaikan dengan apik. Opening yang menarik harus didukung dengan ending yang baik bukan ?
Maka, dengan bergabung di ODOP ini aku berharap bisa rutin memulai sekaligus menyelesaikan tulisan dengan baik. Aamiin...

Aku tahu ini tidak mudah. Harus berjuang memaksa diri agar rutin menulis setiap hari, mengembalikan semangat menulis yang sempat musnah ditelan waktu dan keadaan. Dan yang paling penting, harus berusaha menghidupkan kembali blog yang telah 2 tahun lebih mati suri ini.
Tidak mudah tapi bukan berarti tidak bisa.  Aku bisa. Yes I can do it. Man Jadda Wajada.

Terima kasih kepada Bang Syaiha, Mbak Maya, dan  Mbak Roma selaku admin grup ODOP yang telah mengizinkan saya bergabung dalam komunitas yang hebat ini. Terima kasih kepada teman - teman anggota ODOP yang telah sudi berbagi ilmu dan semangat menulis.

Bismillah, aku memulai.
Melaka, 29 February 2016.
Yang sedang bersemangat,
Deasy Windayanti.

#OneDayOnePost
#HariPertama
#TantanganPertama (Mengapa Saya Gabung ODOP ? )



Komentar

  1. Nama kita nyaris sama.. hehehe.. saling tularkan semangat ya mba deasy.. ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nama kita hampir sama.
      Pasti lahirnya Desember kan ^_^ hehehe...

      Hapus
  2. Blog nya gak bisa ku follow tapi mba.. :)

    BalasHapus
  3. Siep semangat dessy ...
    Ayo di mulai, dan jangan bingung untuk mengakhiri ya :-D

    BalasHapus
  4. Yes, We can. Semangat mba.

    singgah juga di blog aku ya.. :)

    BalasHapus
  5. Sip semangat membara Mbak..:D

    Monggo mbak mampir juga ke blog saya
    abrarananta.blogspot.com
    Makasih sebelumnya

    BalasHapus
  6. Semangat mbk Deasy!!! Jangan minder mbk, kayak aku saja deh pede dimana-dimana. Hahahaa

    BalasHapus
  7. Semangat mbk Deasy!!! Jangan minder mbk, kayak aku saja deh pede dimana-dimana. Hahahaa

    BalasHapus
  8. Sama deh kita mbak, sy juga lagi menghidupkan blog yang telah lama mati suri. Semoga kita selalu istiqomah ya.. :)

    Salam kenal dari Veniy dr grup ODOP :)

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. bagaimana caranya gabung ODOP? sy mau....

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Mind map dan Outline (Ide 1)

Masih Rajin Menulis Diary? Kenapa Tidak!

Cincin Untuk Dilla (Bag 6)